Archive for JFN Vol 3 No 1 Mei 2009

Nuclear Energy Is The Answer To Cope With The Lack Of Energy And Global Warming

penulis: WISNU ARYA WARDHANA

This paper of nuclear energy is the answer to cope with the lack of energy and global warming based on the analysis of energy demand which is increasing rapidly, meanwhile the energy reserve is limited and decreased. Mostly world’s energy is generated by fossil fuel energy, mainly oil and coal. Fossil fuel energy and industrial activities produce green house gases (GHG) such as : COx, CH4, N2O, and CFC which cause of global warming. Global warming gives bad impact to environment and to human being. Every country in the world needs sufficient energy, but the energy resources is limited and decreased. The answer for this solution must be an energy source which doesn’t produce green house gases. Why nuclear energy is chosen to cope with the lack of energy and global warming will be explained briefly in this paper.
Keywords : Global warming, nuclear energy, fossil energy, GHG.

download

Evaluasi Unjuk Kerja Reaktor Alir Tangki Berpengaduk Menggunakan Perunut Radioisotop

penulis: NOOR ANIS KUNDARI, DJOKO MARJANTO, ARDHANI DYAH W

Penelitian evaluasi unjuk kerja reaktor alir tangki berpengaduk (RATB) menggunakan perunut radioisotop telah dilakukan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji kebenaran penganggapan bahwa pengadukan atau pencampuran dalam reaktor alir tangki berpengaduk adalah sempurna. Untuk dapat menyelidiki dinamika proses aliran fluida dalam reaktor digunakan radioisotop I-131. Fluida/air yang keluar dari reaktor dicuplik pada waktu 13 detik sampai dengan 1373 detik dan dianlisis kadar I-131nya. Unjuk kerja reaktor alir tangki berpengaduk dinyatakan dalam bilangan dispersi (D/uL) dan mengikuti model dispersi aksial sebagai fungsi waktu tinggal rata-rata dan bilangan Reynold. Hasil penelitian menunjukkan bahwa D/uL = 9X10-4(ts *)2 – 6,9X10-1(ts*) + 148 dan D/uL = 65,7 e0,0003/Re. Nilai bilangan dispersi berkisar antara 11,08 sampai 21,4, selalu jauh di atas 0,01 ini berarti pencampuran yang terjadi  dalam reaktor alir berpengaduk yang dievaluasi dapat dianggap ideal.
Kata kunci: Bilangan dispersi, unjuk kerja reaktor, perunut, radioisotop

download

Adsorpsi Radionuklida Am-241, Cs-137 Dan Sr-90 Menggunakan Hasil Imobilisasi Bentonitasam Humat

penulis: KRIS TRI BASUKI, MUZAKKY

Telah dilakukan adsorsi Am-241, Cs-137 dan Sr-90 menggunakan hasil proses imobilisasi asam humat dengan bentonit (bentonit-asam humat). Tujuan penelitian ini adalah (1) melakukan pembuatan bahan adsorben dari hasil imobilsasi asam humat kedalam mineral bentonit, beserta karakterisasinya dengan spektroskopi infra merah dan difraktometer sinar-X dan (2) aplikasi adsorpsi Am-241, Cs-137, dan Sr-90 pada berbagai pH. Hasil percobaan menunjukan bahwa imobilisasi bentonit-asam humat yang dilakukan dengan umpan 100 gr bentonit optimum pada berat asam humat 60 g, kuat ion 0,1 M NaNO3, dan pH 2,5. Pada kondisi optimum bentonit dapat mengikat gugus COOH maksimum sebesar 75,2 %. Berdasarkan data spektroskopi infra merah dan difraktometer sinar-X, asam humat dapat termobilisasi kedalam mineral bentonit membentuk bahan paduan bentonit-asam humat. Aplikasi adsorpsi radionuklida Am-241, Cs-137 dan Sr-90, menunjukan bahwa bentonit-asam humat dapat mengadsorpsi padarentang pH 3 hingga pH 10. Melalui umpan masing-masing 0,001 mMol/l, kuat ion 0,1 M NaNO3 dan pH 5 ternyata bentonit-asam humat dapat mengadsorpsi 98,50% – 99,1% radionuklida Am-241, Cs-137 dan Sr-90
Kata kunci : imobilisasi, adsorpsi, spektroskopi infra merah, difraktometer sinar-X

download

Fenomena Transport Kobalt-60 Pada Lapisan Tanah

Penulis: NGASIFUDIN

FENOMENA TRANSPORT KOBALT-60 PADA LAPISAN TANAH. Telah dilakukan penelitian tentang fenomena gerakan Kobalt-60 (Co-60) pada lapisan tanah yang dilakukan secara kolom dan batch. Penggabungan Co-60.dengan tanah dan

komponennya dipelajari dengan serangkaian teknik ekstraksi. Gambaran konsentrasi Co-60 di dalam kolom tanah tersusun oleh dua kurva logaritma yang menunjukkan Co-60terdiri atas fraksi gerak dan tidak-gerak. Fraksi Co-60 tidak-gerak diserap oleh tanah dan didistribusikan di dekat bagian atas kolom. Meskipun Co-60 fraksi gerak hanya sedikit terserap oleh tanah dan di-transportkan melalui kolom tanah, konsentrasi maksimum Co-60 di dalam efluen sedikit menurun dengan kenaikan panjang kolom tanah. Ekstraksi Co-60 dari tanah dan komponennya menunjukkan bahwa Co-60 diserap oleh mangan dioksida dan komponen lempung. Mangan oksida merupakan salah satu komponen tanah yang dapat menurunkan konsentrasi maksimum Co-60 di dalam efluen. Bahkan kandungan mangan oksida 0,24-0,29% dalam tanah menjadi komponen penting untuk mencegah proses transport Co-60 pada larutan keasaman rendah.
Kata kunci : Fenomena transport, Kobalt-60, komponen tanah

download

Penandaan Dna Dengan 32p Untuk Deteksi Resistensi Mycobacterium Tuberculosis Terhadap Isoniazid

Penulis: SOFIATI PURNAMI, MUKH SYAIFUDIN, DAN GIYATMI

Telah dilakukan penandaan DNA dengan 32P untuk deteksi resistensi M.tuberculosis terhadap isoniazid dengan teknik biologi molekuler berbasis nuklir. Tuberkulosis (TB) menempati urutan pertama penyebab kematian akibat penyakit infeksi di Indonesia. Salah satu penyebab sulitnya pengendalian TB adalah merebaknya M.tuberculosis yang resisten terhadap isoniazid. Dalam penelitian ini resistensi isoniazid dideteksi dengan menganalisis gen inhA yang merupakan salah satu penyandi resistensi isoniazid. Analisis dilakukan dengan teknik polymerase chain reaction (PCR) untuk mengamplifikasi deoxyribonucleic acid (DNA) dari gen inhA sekaligus dilabel dengan alfa 32P deoxy cytosin triphosphat ([?32P] dCTP). DNA hasil amplifikasi dianalisis dengan teknik single strand conformation polymerism (SSCP) yang didasarkan pada perubahan mobilitas pita DNA dalam gel poliakrilamid setelah divisualisasi dengan autoradiografi. Hasil analisis terhadap 100 sampel yang diuji, diketahui bahwa 13,0% sampel diduga resisten terhadap isoniazid. Teknik biologi molekuler dapat digunakan untuk mendeteksi resistensi secara lebih cepat dan sensitif, serta dapat digunakan sebagai data pendukung pengobatan pasien TB. Perubahan mobilitas pita DNA gen inhA dapat digunakan untuk analisis resistensi M.tuberculosis terhadap isoniazid.
Kata kunci : M.tuberculosis, isoniazid, resistensi, inhA, [?- 32P]dCTP, PCR, SSCP

download

Peran Keahlian Teknologi Proses dan Sintesis Bahan Dalam Mendukung Industri Nuklir di Indonesia

Penulis: KUSNANTO
Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada

Energi telah menjadi basic need, yang setara dengan kebutuhan pangan. Dengan pandangan jauh ke depan, kini sudah tiba saatnya untuk mengupayakan pengurangan ketergantungan pada sumber energi primer fosil dan dengan serius mengembangkan sumber energi primer baru yaitu energi nuklir, sinergi dengan pengembangan energi baru dan terbarukan yang lain. Pengembangan reaktor maju menjadi mutlak diperlukan bila energi nuklir akan tetap digunakan sebagai andalan teknologi pemenuhan energi. Peluang untuk mengembangkan industri proses bahan semakin terbuka di Indonesia. Kekayaan alam, mineral dan energi merupakan modal besar bila ditopang dengan kemampuan penguasaan teknologi dan kebijakan pemerintah yang berpihak pada kemampuan dan kemandirian bangsa. Bila hydrogen diproduksi menggunakan reaktor maju dapat diproduksi secara komersial, dapat dipastikan kebutuhan zircon oxide, yang merupakan produk antara industri zirconium logam, akan sangat tajam meningkat kebutuhannya, yaitu untuk fuel cell. Fuel cell jenis SOFC diyakini paling efisien untuk digunakan sebagai alat konversi energi yang menggunakan bahan bakar hydrogen. Agar kemandirian bangsa ini dapat terwujud, dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian teknologi proses. Keahlian tidak dapat diperoleh hanya melalui pendidikan formal di perguruan tinggi. Keahlian diperoleh melalui 3 tahapan yaitu: a) Pendidikan; b) Pelatihan c) Pengalaman kerja. Pelatihan dan pengalaman kerja memiliki kontribusi besar terhadap keahlian seseorang. Oleh karena itu sertifikasi keahlian/profesi yang terdiri atas aspek pelatihan atau pengalaman kerja menjadi hal-hal yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan di atas.
Kata kunci : Teknologi proses, sintesis bahan, industri nuklir

download